Nutrisi Yang Diperlukan Orang Tua

Nutrisi Yang Diperlukan Orang Tua

Seiring bertambahnya usia seseorang, tuntutan diet tubuh pasti akan berubah. Di sini ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas.

Helen Rasmussen PhD, ahli diet dari Human Nutrition Research Center on Aging, Tufts University di Boston menyarankan nutrisi berikut sebagai kutipan harga dari coolhealthtips, Rabu (21/3/2012), antara lain:

1. Makanan yang mengandung vitamin B12

Makanan yang mengandung vitamin B12 dibutuhkan oleh tubuh untuk pengembangan sel darah merah. Vitamin B12 masuk ke tubuh di samping protein hewani seperti telur atau daging.

Vitamin B12 dapat ditemukan di suplemen dan sereal yang disiapkan, sehingga dapat diambil dengan cepat oleh tubuh. Dari usia 50 tahun, Anda harus mulai mengonsumsi sereal yang diperkaya.

2. Makan pisang

Tekanan darah tinggi seseorang biasanya meningkat seiring bertambahnya usia. Untuk menghindari risiko stroke dan juga serangan jantung karena tekanan darah tinggi, seseorang perlu mengurangi penggunaan garam dan meningkatkan asupan kalium.

"Kebanyakan obat-obatan hipertensi memiliki kecenderungan untuk meningkatkan pengeluaran urin sehingga dapat menurunkan kadar natrium dan kalium dalam tubuh, keduanya yang diperlukan untuk tubuh namun lebih banyak kalium dibutuhkan dibandingkan dengan garam," kata Rasmussen.

Untuk memenuhi tuntutan potasium, perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan seperti pisang, brokoli serta kentang.

3. Menumpahkan kalori

"Ketika seorang individu bertambah tua, sistem metabolisme dalam tubuh akan menurun, sehingga asupan kalori perlu disesuaikan kembali, orang akan cenderung menurunkan pergerakan mereka dalam senioritas, menciptakan kelebihan kalori yang dapat meningkatkan masalah jantung, melemahnya tulang, osteoarthritis, diabetes dan banyak lagi, "Rasmussen.

4. Sertakan penyedap dalam masakan

Dengan bertambahnya usia, air liur dan juga kekuatan rasa menurun sehingga mengenai penurunan nafsu makan. Coba tambahkan berbagai bumbu lain yang tidak mengandung natrium. Hindari makanan yang terlalu matang karena fakta bahwa itu pasti akan menghilangkan rasa.

Sertakan lada atau bumbu dalam makanan untuk meningkatkan rasa. Jika asupan bumbu juga ekstrem, Anda dapat mengurangi efek bumbu yang tidak menguntungkan dengan mengonsumsi banyak air putih serta susu.

5. Minum banyak air

Rasa haus yang dirasakan seseorang pasti akan lebih rendah seiring dengan bertambahnya usia. Memanfaatkan obat-obatan seperti Antihistamin serta Tekanan Darah dapat membuat Anda benar-benar merasa dehidrasi.

Individu yang menggunakan obat-obatan ini harus minum lebih banyak air untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dehidrasi adalah penyebab utama kematian pada orang tua.

The Institute of Medicine menetapkan bahwa perempuan harus mengkonsumsi alkohol 2,2 liter atau 9 gelas air sehari dan laki-laki harus minum 3 liter atau 13 gelas air sehari. Penggunaan lebih rendah dari kopi, teh dan alkohol.

Nutrisi Yang Diperlukan Orang Tua

6. Tingkatkan asupan kalsium

Manfaat kalsium tulang dan juga sederhana untuk mendapatkan susu dan produk lainnya. Spesialis mengklaim bahwa orang membutuhkan lebih banyak kalsium dalam senioritas karena fakta bahwa derajat laktosa dalam tubuh menurun.

Orang dewasa membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap hari dan harus ditingkatkan hingga 1.200 mg untuk wanita di atas 50 dan pria di atas usia 70.

7. Tingkatkan konsumsi vitamin D.

Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap kalsium. Vitamin ini bisa diambil langsung dari sinar matahari pagi.

Makanan yang diperkaya vitamin D juga dapat membantu memenuhi tuntutan tubuh. Vitamin D larut dalam susu rendah lemak.

8. Lutein untuk penglihatan.

Banyak orang di senioritas memiliki masalah visi. Untuk menjaga mata agar tidak rabun dekat atau katarak, asupan lutein harus ditingkatkan pada usia paruh baya.

Menurut para peneliti, nutrisi beta-karoten serta vitamin A dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif. Leutin bisa didapat dari sayuran daun seperti bayam dan brokoli, buah-buahan seperti anggur serta jeruk dan kuning telur.

9. Konsumsilah makanan kasar.

Serat ini ditemukan dalam banyak buah-buahan, sayuran dan juga kacang-kacangan. Makanan serat bisa membantu kelancaran proses pencernaan makanan.

Konsumsi serat sangat penting untuk usus dan dapat menurunkan risiko peradangan gastrointestinal. Serat juga dapat menurunkan kolesterol serta mengurangi glukosa darah.

10. Kurangi makanan berlemak.

Hindari makanan yang mengandung lemak terhidrogenasi. Mulai mengonsumsi susu rendah lemak serta makanan seperti kedelai.

11. Batasi karbohidrat yang tidak diinginkan.

Orang-orang perlu menjaga berat badan yang sehat dan menjaga pankreas dengan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak diinginkan. Fitur hormon insulin dalam tubuh akan terpengaruh karena kadar gula darah yang tinggi.

Sisa-sisa karbohidrat seperti roti putih memiliki kadar vitamin dan serat yang rendah. Berusahalah untuk memenuhi konsumsi karbohidrat dengan cara yang sehat dan seimbang untuk mengkonsumsi buah-buahan.